Harimau Medium Tank: Tank Canggih Bikinan Indonesia dan Turki

Harimau Medium Tank merupakan Tank Medium hasil Joint produksi antara PT Pindad (Indonesia) dan FNSS (Turki). Seberapa Hebatkah Harimau Medium Tank ini!

Harimau Medium Tank

Harimau Medium Tank

VIRALIS.ID – Berbicara tentang Harimau Medium Tank, informasi yang muncul sekilas di google  adalah Tank Canggih hasil joinan antara Indonesia dan Turki.

Dimana Tank Harimau itu hasil proyek besar antara perusahaan militer Indonesia dan Turki. perusahaan militer Indonesia diwakili oleh PT Pindad dan Turki oleh FNSS Savunma Sistemleri.

Keduanya bisa dibilang punya reputasi yang sangat baik dalam bidang industri militer, sehingga sangat wajar jika produk Tank Harimau dikatakan memiliki spesifik canggih dan mumpuni.

Apalagi Pindad sebagai BUMN dalam industri militer asal Indonesia, diketahui juga sudah lama bermain dibidang kendaraan militer seperti ini. Sebut saja Panser Anoa, Badak, dan Kendaraan Taktis Komodo adalah produk kendaran militer yang sudah teruji dipasaran dalam dan luar negeri.

Sehingga ketika Pindad berusaha meningkatkan level dengan masuk ke pasar Tank dengan menggandeng FNSS, tentu hasilnya akan cukup luar biasa

Sehingga ketika kita meilhat dari halaman resmi Pindad, Harimau Medium Tank bikinan Indonesia dan Turki ini dilengkapi dengan sejumlah kemampuan luar biasa dikelasnya.

Sebut saja dengan senjata yang tertempel seperti meriam dengan Turret kaliber 105 mm dan senapan mesin dengan Kaliber 7,62 mm.

Sedangkan informasi mengenai daya pacu tank. Diketahui dari halaman minews bahwa Harimau Medium Tank mampu melaju dengan kecepatan 70 KM/Jam.

Adapun soal mode perlindungannya, TANK ini dilengkapi dengan sejumlah system perlindungan canggih seperti STANAG 4569 Level  4 dan 5. Dimana system ini akan melindungi pasukan dari proyektil dengan kaliber 14,5 mm dan 25 mm.

Tak ketinggalan juga, Harimau medium Tank ini juga dilengkapi dengan sistem anti radiasi nuklir atau disebut dengan CBRN (a chemical, biological, radiological and nuclear).

Sejumlah teknologi yang tertempel pada Tank Harimau di atas, sejatinya hanya secuil informasi yang dapat diakses dan cukup untuk menggambarkan kengerian dan kesangaran tank tersebut.

Maka sangat wajar sekali bila selain Indonesia dengan TNI nya, sejumlah Negara memiliki ketertarikan untuk mengakusisi Tank Tersebut. Sebut saja Filipina, Bangladesh, dan Brunei Darussalam.