Fakta Sejarah Lamborghini: Berawal dari Pabrik Traktor dan Simbol Kemewahan

Sobat Viralis, tahu ga kalian. Bahwa Lamborghini itu awalnya adalah produsen Traktor. Ko bisa ke Supercar, selengkapnya

sumber photo: Carranddrive dot com

Viralis.ID – Salah satu supercar yang diidam-idamkan untuk kebanyakan orang dimiliki adalah mobil keluaran Lamborghini. Padahal berdasarkan fakta sejarahnya, Lamborghini itu awalnya bukanlah produsen Supercar, melainkan traktor untuk pertanian sob.

Memang mengejutkan faktanya. Nah, Biar lebih menarik lagi. Berikut fakta-fakta lainnya tentang sejarah Lamborghini yang harus Sobat Vitalia ketahui:

  1. Berawal dari Produsen Traktor

Paska Perang Dunia kedua usai, Ferrucio Lamborghini sebagai pendiri Lamborghini awalnya itu hanya membuka usaha bengkel mobil.

Kemudian di Tahun 1947, berawal dari kejelian Ferrucio melihat peluang bisnis saat itu. Dimana perkembangan pertanian dan industri begitu pesat, Ferrucio nampaknya tidak mau ketinggalan dan terjun untuk memproduksi traktor.

Adapun langkah awalnya adalah membuat perusahaan traktor dari kendaraan bekas dan mesin truk. Dimana Perusahaan tersebut untuk pertama kalinya sukses membuat produk orisinilnya, yaitu memanfaatkan kendaraan mesin 6 silinder truk Moris dan kendaraan bekas perang dunia kedua. Akhirnya, terciptalah “Carioca” sebagai produk orisinil ciptaan Lamborghini.

Sukses dengan Carioca nya, tidak membuat puas Lamborghini. Bahkan dirinya membuat pabriknya sendiri dan meluncurkan traktor dengan merek Lamborghini Trattori.

  1. Hinaan Pemilik Ferrari, Memacu Lamborghini Menjadi Produsen Mobil

Dilansir dari halaman Idntimes, kesuksesan Ferrucio Lamborghini sebagai produsen Traktor membuatnya sanggup menjadi kolektor mobil. Sejumlah merek legendaris tentu dimilikinya, seperti Maserati, Alfa Romeo, Jaguar, Mercedes-Benz, dan Lancia.

Bahkan pada tahun 1958, Ferrucio menambah koleksinya dengan membeli mobil Ferrari. Hanya saja, sebagai seorang kolektor mobil dan orang yang paham mesin. Dirinya menyadari bahwa performa Ferrari kurang memuaskan. Akhirnya sejumlah kekurangan tersebut disampaikan kepada pemilik Ferrari.

Sayangnya, kritik membangun Ferrucio sebagai konsumen dibalas oleh Enzo Ferrari dengan hinaan. Singkatnya, Ferrucio dikatai hanya sebagai pembuat Teraktor konyol, mana paham tentang mobil sport.

Tidak terima dengan hinaan bos Ferrari, Lamborghini akhirnya terpacu untuk membuat mobil dengan merk dan pabriknya sendiri.

Tahun 1963, impian Ferrucio terwujud, dirinya sukses mendirikan pabrik mobil dengan nama Automobili Ferruccio Lamborghini. Sedangkan Lamborghini 350 GT adalah mobil pertama yang sukses diluncurkannya.

  1. Logo Lamborghini Ternyata Terinspirasi dari Olahraga Banteng

Mengenai lambang Lamborghini, sejarahnya bermula pada tahun 1962. Dimana Ferrucio pada waktu itu berkesempatan mengunjungi perternakan banteng matador.

Melihat begitu garang dan kuatnya banteng-banteng disana. Serta lambang banteng juga merepresentasikan zodiak Ferrucio yaitu Taurus. Maka wajar saja dirinya terinspirasi menjadikan banteng sebagai logo mobil besutan Lamborghini.

  1. Mobil Lamborghini Menjadi Simbol Kemewahan

Alasan Lamborghini dikatakan sebagai simbol kemewahan pada dasarnya tidak lepas dari kualitas dan harga setiap mobil besutannya.

Dikutip dari Liputan6, sebagai contoh saja, Lamborghini Veneno itu dihargai 3,9 Juta dollar atau 57 miliar rupiah.

So, sahabat Viralis. Begitu fakta sejarah dari Lamborghini. Terus ikuti artikel menarik di Viralis.ID.