Cina dan Sejarah Penemuan Kertas

Sobat Viralis, Zaman now itu kita sudah terbiasa dengan yang namannya kertas. Padahal kalau kita renungkan, penemuan kertas merupakan suatu lompatan teknologi yang luar biasa. So, pantingen deh sejarah kertas berikut

Kertas

Viralis.ID – Berbicara sejarah penemuan kertas, maka tidak bisa dilepaskan dengan Cina, Sobat Viralis.

Sebab dalam sejarahnya, kertas memang ditemukan pertama kali di Cina dan Cai Lun adalah nama penemunya. Dilansir dari halaman Republika, Cai Lun sebagai pegawai pemerintahan dinasti Han pertama kali menyampaikan penemuanya kepada sang Kaisar pada tahun 105 M.

Hal tersebut lantas membuat senang sang kaisar. Sehingga membuat Cai Lun dinaikan pangkatnya dan diangkat statusnya menjadi bangsawan.

Adapun contoh kertas yang diserahkan kepada kaisar dinasti Han berasal dari bubuk  kayu Murbei. Dimana bubuk kayu Murbei tersebut direndam dalam air dengan sedemikian rupa, kemudian dipress hingga menjadi sebuah kertas.

Sedangkan sikap Kaisar yang memberikan sejumlah penghargaan, hal ini didasarkan pada manfaat kertas itu sendiri. Dimana tidak ada yang lebih simpel dan lebih murah dari pada kertas, bila dibandingkan dengan media tulis lainnya.

Sebelum ada kertas, media tulis di Cina menggunakan bambu. Sehingga menjadi berat untuk dibawa dan tidak praktis.

Sedangkan media tulis di dunia Arab dan Barat sebelum ada kertas. Catat mencatat menggunakan kulit binatang, sehingga wajar akan menjadi mahal.

Mengenai kadar manfaat penemuan manfaat kertas, menurut Michael Hart dalam bukunya Seratus tokoh paling berpengaruh dalam sejarah menempatkan Cai Lun diposisi ketujuh. Dirinya diposisikan setelah Muhammad Saw diposisi pertama, Isaac Newton, Nabi Isa, Budha, Kong Hu-chu, St Paul – baru Cai Lun.

Penyebaran Kertas Ke seluruh Dunia dan Perkembangannya

Di abad Kedua, pemanfaatan kertas tersebar ke seluruh dunia. Bahkan pada beberapa abad berikutnya, Cina mengekspor kertas ke negara lain. Tentunya dengan merahasiakan teknik pembuatan kertas.

Sayangnya, pada abad ke 8 beberapa pekerja yang memproduksi kertas tertangkap di Timur Tengah. Sejurus kemudian, kertas bisa diproduksi di Samarkand dan Baghdad.

Adapun Eropa baru mempelajari teknik memproduksi kertas di abad ke dua belas.

So, begitulah artikel Cina dan Sejarah Penemuan Kertas. Terus pantengin Viralis sob, Biar kamu dapat informasi menarik lainnya.

Oleh: Redaksi Viralis.ID.