Air Rebusan Mie Instan Tenyata Aman Dikonsumsi

Sobat Viralis, sering kita dengan bila merebus mie instan airnya untuk diganti. padahal air rebusan mie instan ternyata aman dikonsumsi, selengkapnya…

air rebusan mie

ilustrasi mie instan

Viralis.ID – Perdebatan mengenai aman atau tidaknya mie instan memang sering kali muncul dalam pembahasan. Hal ini mulai dari cara memasak menggunakan air galon atau air yang diambil dari keran, hingga ke persoalan air rebusan mie digganti atau dibiarkan untuk dikonsumsi.

Informasi soal air rebusan mie instan harus diganti itu sudah umum tersebar di masyarakat. Padahal, diganti atau tidaknya air rebusan mie dengan air panas yang baru ternyata tidak ada bedanya, bahkan cenderung merugikan. 

Dilansir dari Halaman Kompas, air rebusan mie instan itu ternyata mengandung banyak zat gizi yang telah ditambahkan. Beragam zat gizi yang dimaksud terkandung adalah zinck, zat besi,vitamin A, dan lain-lain. 

Ketika direbus, beragam dalam mie tadi akan terlarutkan dalam air dan hilang dari mi instan. 

“Oleh karena itu, sebenarnya aman dan jangan takut untuk menggunakan air rebusan mi instan,” catatan yang dikutip dari halaman yang sama. 

“Tidak hanya aman, zat-zat gizi yang terlarut dalam air rebusan juga akan terbuang jika tidak terpakai,” tambahnya.

Menurut Hellosehat yang kami kutip dari Kompas, kebiasaan mie instan di Indonesia itu sudah ditambahkan dengan beragam zat gizi yang penting. Zat penting yang telah ditambahkan ke dalam mie instan tersebut ternyata merupakan zat mikro yang bermanfaat dan dibutuhkan semua kelompok umur.

“Dalam hal ini, mi instan di Indonesia sudah ditambahkan dengan zat besi, zinc, vitamin A, dan beberapa jenis mineral lainnya,” catat Kompas.

Meskipun mengandung beragam gizi tadi. Tetap saja mie instan tidak baik jika dikonsumsi untuk setiap hari. Bisa Hal ini disebabkan walaupun terkandung zat gizi baik di dalamnya,, jumlahnya masih belum memenuhi kebuutuhan. 

Sebanyak apapun kita mengkonsumsi mie instan, tetap saja tidak bisa menggantikan makanan penuh Anda.  Makanan penuh yang kami maksud adalah makanan yang mengandung gizi seimbang dan lengkap, yakni makanan pokok, protein hewani, protein nabati, dan sayuran

Selain itu, mi instan juga diketahui memiliki kadar natrium tinggi, yakni antara 600 sampai 1500 mg. Sedangkan orang tanpa masalah kesehatan saja, hanya boleh mengkonsumsi natrium sehari itu sebanyak 1500 mg. Sehingga bila kita telah mengkonsumsi mie instan sebungkus sehari, maka saat itu kita dilarang mengkonsumsi makanan yang di dalamnya terkandung garam dapur. 

Perlu diketahui kadar natrium berlebih akan sangat terkait dengan hipertensi. Jadi sobat Viralis, jangan sampai berlebihan makan mie instannya ya.

Adapun air rebusan mie instan itu sekali lagi aman bahkan sehat. Terus pantengin ya info-info,info di Viralis.ID

Oleh: Redaksi Viralis.ID